Buat situs ke favorite
Buat halaman ke favorite
Jadikan halaman utama
Print Halaman

RSS-Sindikasi





Sindikasi

Iklim PDF Cetak E-mail
Ditulis oleh web master   
Saturday, 28 February 2009
Bagi usaha pertanian iklim adalah suatu unsur yang sama sekali tidak dapat dipengaruhi, artinya dengan jalan bagaimanapun tidak dapat di ubah sekehendak manusia. Namun demikian dengan adanya ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam tentang hal iklim, pengusaha pertanian dapat menggunakan kemungkinan kemungkinan setempat sebaik mungkin dengan menyesuaikan kultur yang ada.
 
Cara untuk menentukan unsur unsur uklim
 
Beberapa aspek yang perlu di perhatikan untuk menentukan unsur unsur suatu iklim adalah:
 
1. Suhu
 
     Kita dapat mengukur suhu yang mengatur lingkaran perkembangan tanaman. Suhu selalu di ukur dari ketinggian 1,5 sampai 2 meter di tempat yang terlindung (tidak kena sinar matahari dan angin secara langsung) dan di atas tanah yang berumput (bukan pada tanah gundul). Suhu yang di ukur demikian bukan hanya untuk tanaman itu sendiri, tetapi suhu ini dapat di pakai sebagai perbandingan di mana data ini diambil pada tempat yang berbeda pada keadaan yang sama. Di samping mengambil suhu pada tempat yang terlindung, ada baiknya sering mengukur suhu tanah pada lapiisan tanah yang telah dikerjakan.
 
2. Sinar matahari
 
     Sinar matahari merupakan sumber energi yang menyebabkan tanaman dapat membentuk gula, proses ini disebut fotosintesis. Oleh karena itu tanpa bantuan sinar matahari, tanaman tidak dapat memasak makanan yang diserap dari dalam tanah, yang berakibat tanaman akan menjadi lemah atau akan mati.
 
3. Curah hujan dan kelembapan udara
 
      a). Curah hujan 
            Air adalah suatu unsur yang akan menentukan mati atau hidupnya tanaman. Telah di ketahui secara umum bahwa tanaman hanya dapat menghisap garam garam mineral dari larutan dalam tanah melalui air. Disinilah peranan air bagi kehidupan tumbuh - tumbuhan. Curah hujan adalah air hujan dengan segala bentuknya yang langsung di terima oleh bumi seperti salju, air, embun, kabut, dan segenap jumlah air yang turun dengan berbagai macam.
 
       b). Kelembaban udara
              Taraf kelembapan udara dapat ditentukan dengan perbandingan antara uap air dalam udara dan jumlah uap air maksimal yang dapat ditahan oleh udara pada suhu udara tertentu.  ada 2 alat ukur yang umum dipakai yaitu Hygrometer rambut dan Psychrometer.
 
4. Angin
     Angin merupakan pelaku utama penguapan dan penyerbukan, kecepatan angin atau kekuatan angin dapat dinyatakan sekian m persekon. Untuk mengetahui kecepatannya dapat menggunakan alat yang disebut anemometer. Tetapi dapat juga di ukur dengan menggunakan objek yang bergerak seperti daun, ranting dll.
 
5. Penguapan
 
    Penguapan merupakan unsur penting bagi daerah daerah yang beririgasi. Sayang pengukurannya tidak begitu mudah. Yang di pakai untuk mengukur adalah meter penguapan Piche yang mengukur uap air dengan menggunakan kertas hisap/ kertas filter yang bisa menjadi basah terus menerus. 
 
     
Terakhir Diperbaharui ( Friday, 06 March 2009 )
 

Brosur Kaptan

Pencarian google

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini31
mod_vvisit_counterKemarin37
mod_vvisit_counterMinggu ini154
mod_vvisit_counterBulan ini553
mod_vvisit_counterTotal pengunjung336716

Berita

Sekilas Pertanian

Sekilas Perkebunan

Sekilas Agribisnis